Senin, 16 April 2012

“INTAN” Di PAPERMAN 2012


“INTAN” DI PAPERMAN 2012




Canda, tawa, tekanan, kecemasan, kelelahan semua itu ku rasakan di PAPERMAN 2012. Empat hari yang kupikir menjadi hari terberat dalam bulan ini ternyata justru 4 hari terhebat dalam sepanjang tahun ini. Menjadi bagian dari PAPERMAN 2012 merupakan suatu kebanggaan bagiku. Terlibat mengurus suatu acara Nasional yang menurutku masih langka dilakukan oleh LPM-LPM lain di Banjarmasin adalah seperti mendulang intan, melaui proses panjang namun pasti mampu mendapatkan intan ilmu dan pengalaman yang berharga setelahnya.
Aku terlibat dalam hal mengurus kedatangan delegasi ke Banjarmasin ini, ya aku bertugas di divisi LO selama PAPERMAN 2012. Tolong jangan tanyakan singkatan LO padaku, karena jujur beberapa kali teman-teman bertanya apa itu LO, aku berusaha mengeles dengan menyahut tanyakan pada Yasin karena dialah yang tau. Oke cukup tentang itu, semula aku rasa akan terasa berat menjalani tugasku ini karena aku sadar aku bukanlah tipe orang yang supel dan mudah bergaul dengan orang-orang baru kecuali melalui proses yang panjang, but suddenly I know, it’s not like what it seems.
Hari pertama, aku tau aku kurang membantu dalam pelaksanaan Workshop Jurnalistik hari  itu, aku punya alasan sendiri kenapa di pertengahan acara aku meninggalkan aula KNPI tersebut, aku punya komitmen untuk tidak meninggalkan kuliah serumit apapun keadaannya, ini juga kulakukan di acara-acara lain, dan aku akan terus berusaha dengan komitmen ini, semoga.
Malam hari, ketika malam belum terlalu larut dan riuh kendaraan masih silih berganti didepan Wisma Banjar yang kami diami untuk sementara pelaksanaan acara ini, kami berkumpul bersama teman-teman panitia dan seluruh delegasi yang beberapa berasal dari luar Banjarmasin. Kami semua berkenalan satu sama lain, berusaha berbaur dan berdiskusi santai membahas hakikat Persma sesunggunya. Disini keakraban mulai terbentuk, kami mulai menjalin “rantai’ yang selama ini ku rasa sudah terlepas.
Delegasi tahun ini menurutku terlalu sedikit, andaikan lebih banyak lagi mungkin PAPERMAN 2012 akan terasa lebih meriah, yaa aku tau ini salah satu keteledoran aku yang terlambat untuk mengundang para delegasi, jujur sekitar seminggu sebelum hari H aku baru menghubungi mereka untuk mengkonfirmasi kedatangan mereka. Tentu bukan hal mudah untuk menggaet mereka datang dengan waktu yang semepet itu, tapi aku berjanji jika PAPERMAN yahun depan diadakan kembali, aku ingin ditempatkan di divisi LO lagi dan menargetkan 25-30 orang delegasi yang dapat hadir.
 I hope
Berhubung aku berada di divisi LO, mungkin yang lebih banyak kuceritakan adalah para delegasi. Aku menikmati sekali kebersamaan dengan mereka, ternyata mereka tidak seseram kelihatannya, semula kupikir bang Nelson dan bang Defi itu sosok Mahasiswa yang keras dan berwibawa dengan kemampuan berorasinya yang briliant, namun ternyata tidak, justru mereka yang paling andil dalam memecah suasana menjadi lebih enjoy dan gokil.
Para delegasi ini ternyata bukan orang yang susah untuk diajak ngobrol, memang sejatinya mereka adalah orang-orang Pers yang pasti sudah terbiasa untuk berbicara di depan umum. Teman-teman dari LPM Sukma IAIN dan LPM Jelaga STMIK yang aku lihat begitu percaya diri dan bersemangat dalam menyampaikan semua gagasannya. Terutama saat presentasi hasil Wisata Redaksi dari Pasar Terapung dan Pulau Kembang di hari kedua PAPERMAN 2012.
Masing-masing delegasi memiliki sifat dan sikap yang berbeda-beda, ada yang hobi berdiskusi sampai larut malam, ada yang suka jahil , ada yang pendiam tetapi ternyata lebih suka ngobrolnya lewat sms, ada yang narsis banget dan banyak lagi, hahaha mereka memang unik dan itulah yang membuatku betah bersama mereka.
 Begitu banyak hal positif yang aku dapatkan dari PAPERMAN 2012 ini, aku belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan orang-orang baru, aku belajar bagaimana saling menghargai, saling membantu antarpanitia, saling berbagi ilmu dan pengalaman dengan para delegasi. Semuanya begitu indah membentuk suatu pondok persahabatan dan keakraban yang tak mungkin didapatkan hanya sekedar duduk manis di bangku kuliah. Di PAPERMAN 2012 aku dan kalian menjadi bagian manis dari tahun 2012 ini.
Malam terakhir saat dinner anda gathering, mungkin menjadi moment menggembirakan dan mengharukan. PAPERMAN berakhir dan kami sudah berhasil menyelesaikan tugas kami disana dengan maksimal. Namun mengharukan, kami harus  berpisah dengan teman-teman delegasi yang selama 4 hari mewarnai PAPERMAN 2012. Ahh, seorang LO memang lekatnya dengan delegasi, dan aku memang sangat merasakan itu, selamat berpisah teman-teman, datanglah kembali kelak, jangan hiraukan jarak, karena kita bersama dalam PERS yang kita perjuangkan ! Salam PERSMA !

In this moment, we are together.
We are friends, we will never pole apart.

By : Astia Putriana
Divisi LO Paperman 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar