Jumat, 20 April 2012

Fekon perlu "WARNA"


FEKON PERLU “WARNA”
Fakuktas Ekonomi memang sejak lama telah menjadi primadona di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat. Bagaimana tidak, Fakultas Ekonomi memang dikenal sebagai kampusnya orang cerdas,kreatif dan berwawasan luas, selain itu mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi juga dikenal kritis dalam menghadapi berbagai fenomena yang terjadi di dalam masyarakat.
Berbicara tentang Fakultas Ekonomi, sepertinya kurang pantas jika hanya membahas tentang ruang lingkup mahasiswanya saja tetapi harus dalam lingkup yang lebih luas. Jika ditanya, disaat anda pergi ke toko buku dan ingin membeli sebuah buku, hal apakah yang menjadi acuan pertama dalam memilih buku? Pasti hal pertama adalah melihat covernya terlebih dahulu kan? kemudian membaca sinopsisnya lalu melihat harganya untuk kemudian mempertimbangkan untuk membelinya. Inilah ilustrasi yang akan sedikit berhubungan dengan Fakultas Ekonomi.
Saat pertama kali menginjakkan kaki di lobi Fakultas Ekonomi tentu hal pertama yang anda perhatikan adalah lingkungan sekitarnya kan, entah itu gedungnya maupun halamannya, sungguh tidak mungkin anda akan memperhatikan perilaku mahasiswa-mahasiswi dan dosen-dosennya terlebih dahulu dari satu ruangan ke ruangan lain. Suasana Fakultas Ekonomi memang sudah terlihat sejuk, asri dan hijau, telah banyak kontribusi dari berbagai pihak di lingkungan Fakultas Ekonomi Unlam untuk mewujudkan Fakultas Ekonomi yang bersih. Namun perlu ditinjau lebih lanjut justru hal ini berbanding terbalik dengan tampilan gedungnya, catnya sudah terlihat kusam dan kotor serta kurang enak dipandang, tidak selaras dengan lingkungan sekitar yang hijau ditambah lagi ada hal yang dirasa masih kurang di lingkungan Fakultas Ekonomi Unlam, seperti kurang jelasnya papan tulisan nomor ruangan di beberapa ruangan sehingga menyulitkan mahasiswa-mahasiswinya menemukan ruangan yang dituju, terutama mahasiswa baru, seperti penuturan salah satu mahasiswa baru, Suci Khairunnisa. “ Susah buat saya menemukan ruangan yang saya tuju, awalnya saya sudah berusaha mencari papan peta ruangan yang biasanya mudah ditemukan di tempat yang umum misalnya di halaman gedung, tetapi malah tidak ada, terpaksa saya harus mencari sendiri ruangan yang dimaksud, sangat merepotkan bertanya sana-sini”
Perlu pembenahan yang lebih luas lagi di Fakultas Ekonomi Unlam karena demi mewujudkan visi Fakultas Ekonomi Unlam untuk menjadi Fakultas yang terkemuka di Indonesia di tahun 2013, tak ada salahnya pembenahan dilakukan disemua sisi tidak hanya bagian pokoknya saja seperti pembinaan mahasiswa dan dosen disiplin, tetapi juga keselarasan dengan penunjangnya juga. Bukankah dengan lebih ber’warna’ dan lengkapnya fasilitas kampus akan meningkatkan kecintaan Mahasiswa akan kampusnya terlebih akan lebih bersemangat belajar di Kampus tercinta.
Memang ada pepatah yang mengatakan “Don’t judge a book by its cover” tetapi tak ada salahnya kan memperindah tampilan sebuah buku untuk menunjukkan betapa bagus dan berharganya buku itu?.

By : Astia Putriana
S-1 Akuntansi
LPM Jurnal Kampus FE Unlam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar